• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    Penyakit Noma


    Deskripsi
    Noma adalah jenis gangren yang menghancurkan selaput lendir mulut dan jaringan lain. Hal ini terjadi pada anak-anak kekurangan gizi di daerah-daerah yang kurang bersih.

    Penyebab
    Penyebab pasti tidak diketahui, tetapi mungkin disebabkan oleh bakteri yang disebut fusospirochetal organisme. Kelainan ini paling sering terjadi pada remaja, anak-anak penderita gizi buruk antara usia 2 dan 5 tahun. Sering mereka memiliki suatu penyakit seperti campak, demam berdarah, TBC, kanker, atau immunodeficiency. Faktor risiko mencakup Kwashiorkor dan bentuk lain dari kekurangan gizi protein yang parah, buruknya sanitasi dan kebersihan yang buruk, kelainan seperti campak atau leukemia, dan tinggal di sebuah negara miskin.

    Gejala
    Noma menyebabkan kerusakan jaringan memburuk secara cepat. Gusi dan dinding pipi meradang dan berkembang menjadi bisul. Borok berkembang dan mengeluarkan bau busuk, menyebabkan bau nafas dan bau pada kulit. Infeksi menyebar ke kulit, dan jaringan di bibir dan pipi mati. Proses akhirnya dapat menghancurkan jaringan lunak dan tulang. Akhirnya penghancuran tulang di sekitar mulut menyebabkan cacat dan kehilangan gigi. Noma dapat juga mempengaruhi alat kelamin, menyebar ke kulit kelamin (ini kadang-kadang disebut noma pudendi).

    Pengobatan
    Antibiotik dan nutrisi yang tepat membantu menghentikan penyakit yang semakin parah. Operasi plastik mungkin diperlukan untuk menghilangkan jaringan hancur dan merekonstruksi tulang wajah. Hal ini akan meningkatkan penampilan wajah dan fungsi mulut dan rahang.

    Penderita penyakit Noma:










    0 Tanggapan :

    Posting Komentar