• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    6 Anggrek Unik


    Suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap. Orchidaceae adalah sumber inspirasi dari nama kereta api Argo Anggrek, kereta api eksekutif yang melayani Surabaya Pasar Turi-Gambir.

    Anggota pentingnya yang dikenal baik manusia adalah anggrek hias serta vanili.berkelopak bunga indah dan berwarna-warni.

    Berikut ini adalah spesies anggrek yang tergolong cukup unik sekali karena memiliki bentuk tidak lazim mirip dengan binatang :

    Monkey Face Orchid:




    Anggrek monyet adalah salah satu jenis anggrek yang bunganya mirip dengan wajah monyet. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Dracula simia yang dinamai oleh seorang ahli botani Luer pada tahun 1978. Hidap pada habitat dengan ketinggian 1000-2000 meter dengan suhu sekitar 27 derajat Celcius dan kelembaban 80-90%.

    Bee Orchid:




    Anggrek ini dapat tumbuh hingga tinggi 15-50 cm, tahan berkembang di musim gugur. Mereka perlahan-lahan terus tumbuh selama musim dingin. Pada pertengahan April-Juli perkembangan bunga ini mengalami peningkatan yang terdiri dari 1-12 bunga. Ciri-ciri bunga ini antara lain memiliki sepal bunga yang besar, inti bunga berwarna hijau serta memiliki variasi warna yang indah dari putih dan merah muda, kelopak bunga pendek saat masih muda brwarna kuning sampai kehijauan, Labellum bunga memiliki dua gundukan yang menonjol pada Lobus Lateral, Lobus Median berambut dan mirip dengan perut lebah dengan variasi warna tetapi biasanya brwarna kecoklatan dengan tanda kuning, Gymnostegium tegak lurus dengan puncaknya yang memanjang.

    White Egret Orchid:


    Ditemukan di bagian barat Henan China, Jepang dan Korea di hutan-hutan pada ketinggian 1500 m dpl. Hidup secara terestrial dengan pola pertumbuhan sympodial. Bunganya berbentuk unik menyerupai burung kuntul putih yang sedang mengepakkan sayapnya, berukuran sekitar 3 cm. Bunga akan mekar di musim panas dengan satu sampai tiga kuntum bunga di setiap tangkainya. Di Jepang anggrek ini terkenal dengan sebutan "Sagi-so". Anggrek ini sering juga dikenal dengan synonimnya : Pecteilis radiata.

    Bird’s Head Orchid:


    Browsing browsing di internet masih belum ketemu penjelasan tentang anggrek ini. :D

    Flying Duck Orchid:


    Caleana besar (dikenal sebagai anggrek Bebek terbang besar) ditemukan di Australia. Pollinator yang utama adalah lalat gergaji.

    Dove Orchid:


    Dove Orchid atau Anggrek merpati (Dendrobium crumenatum) merupakan anggrek yang cukup populer karena bentuk bunganya yang seperti burung merpati sedang terbang. Anggrek merpati memiliki habitat hidup yang luas, mulai dari Indonesia, Singapura, Thailand, hingga ke Filipina dan Papua, sehingga mudah ditemui bahkan pada cabang-cabang pohon di pinggir jalan sekalipun. Anggrek ini juga dapat bertahan hidup hampir dimana pun, baik itu daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

    Anggrek merpati mempunyai bunga dengan sepal dan petal berwarna putih dengan bentuk lidah (labellum) bervariasi dan memiliki warna putih dengan sedikit kekuningan. Bunganya harum semerbak, terutama di pagi hari dan biasanya hanya bertahan sehari. Mekarnya bunga seringkali secara bersamaan dan dipengaruhi oleh perbedaan suhu yang ekstrem (misalnya: hujan deras pada musim kemarau).

    Anggrek merpati termasuk dalam anggrek golongan monopodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan pipih pada bagian atas. Akarnya bulat pipih berwarna putih memanjang. Anggrek ini termasuk anggrek yang rajin menghasilkan keiki.

    0 Tanggapan :

    Posting Komentar