• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    Inilah Maskapai Paling Aman di Dunia


    Pengalaman terbang dengan pesawat memang berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, menurut Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre, terdapat beberapa maskapai yang performanya lebih baik daripada maskapai lainnya di tahun 2012.

    Maskapai dari Eropa, Selandia Baru, dan Hongkong, mendapat skor tertinggi dalam hal keselamatan. Indeks keselamatan diukur dari berapa lama maskapai tersebut telah beroperasi, kapan terakhir maskapai tersebut kehilangan pesawatnya, dan jumlah total pesawat yang rusak. Data diambil sejak tahun 1983, tahun Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre mulai memonitor maskapai.

    Hal yang menarik adalah maskapai dari Amerika Serikat yang masuk dalam peringkat 20 adalah maskapai budget rendah, bukannya maskapai nasional. Sementara itu, maskapai asal Asia yang masuk dalam daftar 10 besar antara lain Cathay Pacific, Air Emirates, Etihad Airways, EVA Air, dan Hainan Airlines.

    Sementara itu, menurut data Aviation Safety Network (ASN) seperti diberitakan Daily Telegraph, tahun 2012 menjadi tahun yang baik dalam hal keselamatan pesawat terbang. Menurut ASN, total kecelakaan sebesar 496 kasus pada pesawat terbang komersial menjadikan angka ini lebih sedikit dibanding 2011. Hal ini menunjukkan, perjalanan dengan pesawat terbang semakin aman.

    Berikut daftar "10 Maskapai Paling Aman" menurut Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre:

    1. Finnair:


    Finnair Plc (Finnair Oyj) adalah maskapai penerbangan nasional dan terbesar Finlandia, dengan kantor pusatnya di tanah milik Bandar Udara Helsinki-Vantaa di Vantaa, Finlandia, dengan hub utama di bandar udara Helsinki-Vantaa. Finnair dan anak perusahaannya mendominasi pasar penerbangan domestik maupun internasional di Finlandia. Pemilik terbesarnya adalah pemerintah Finlandia dengan 55,8% saham. Finnair adalah anggota dari aliansi Oneworld. Tahun 2006, maskapai membawa 8.8 juta penumpang, dalam jaringan 15 destinasi domestik dan 55 destinasi internasional. Sebagai tambahan terdapat juga 50 destinasi penerbangan charter musiman. Skytrax memberi penghargaan kepada Finnair sebagai maskapai bintang 4.


    2. Air New Zealand:


    Air New Zealand Limited (ASX: AIZ, NZX: AIR, Air New Zealand) adalah sebuah maskapai penerbangan Selandia Baru. Berpusat di Auckland, New Zealand.


    3. Cathay Pacific:


    Cathay Pacific (Hanzi tradisional: 國泰航空公司; pinyin: Guótài Hángkōnggōngsī, SEHK: 0293) adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandar Udara Internasional Hong Kong, Hong Kong. Maskapai ini melayani kira-kira satu juta penumpang per bulan ke 62 tujuan dan berhasil membukukan laba 4.417 juta dolar Hong Kong pada 2004.

    Kode IATA untuk Cathay Pacific adalah CX dan kode ICAOnya adalah CPA.


    4. Air Emirates:


    Emirates adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab. Maskapai ini mengalami perkembangan pesat sekitar tahun 2000an di saat maskapai lain berjuang untuk bertahan dari kebangkrutan. Emirates sekarang melayani berbagai tujuan di Timur Tengah, Timur Jauh, India, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara.


    5. Etihad Airways:


    Etihad Airways (Kode IATA: EY, ICAO: ETD) adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dengan layanan ke Timur Tengah, Eropa, Asia, anak benua India, dan Amerika Utara. Etihad, yang memulai operasinya pada 13 November 2003, sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Abu Dhabi dan dikatakan sebagai versi kecil dari maskapai Emirates yang berpusat di Dubai.


    6. EVA Air:


    EVA Air (長榮航空 Changrong Hangkong) adalah maskapai penerbangan yang berpangkalan di Bandara Internasional Taoyuan Taiwan, Republik Cina. EVA Air dimiliki oleh Evergreen Group, sebuah perusahaan perkapalan gergasi dan penerbangan ini dilancarkan pada 1991.


    7. TAP Portugal:


    TAP Portugal, umumnya dikenal sebagai TAP, adalah maskapai penerbangan nasional milik Portugal. Maskapai ini memiliki kantor pusat di Building 25 di tanah milik Bandar Udara Portela di Lisbon, dan menjadi anggota dari Star Alliance sejak 14 Maret 2005, di hari yang sama saat perusahaan merayakan ulang tahun ke-60. Hub utamanya di Lisbon adalah jembatan utama Eropa sebelum menyeberang menuju Afrika, Amerika Selatan and Amerika utara. Jaringan rute TAP terdiri dari 69 destinasi di 31 negara di seluruh dunia. TAP mengoperasikan lebih dari 1,600 penerbangan setiap minggu dengan armada dari 58 pesawat Airbus, dan 16 pesawat lain yang digunakan oleh anak perusahaan maskapai regional Portugalia.

    TAP sebenarnya berarti Transportes Aéreos Portugueses (Transportasi Udara Portugal.) nama ini diganti tahun 1979 ketika perusahaan mengganti namanya menjadi TAP Air Portugal, kemudian diganti lagi dengan nama yang digunakan saat ini, TAP Portugal.


    8. Hainan Airlines:


    Hainan Airlines Company Limited (HNA) (SSE: 600221) (bahasa Tionghoa: 海南航空公司; Pinyin: Hǎinán Hángkōng Gōngsī) merupakan nama maskapai penerbangan yang bermarkas di Haikou, Hainan, Republik Rakyat Cina. Didirikan pada tahun 1989 dengan nama Hainan Province Airlines. Basis utamanya adalah Bandara Internasional Ibukota Beijing, Bandara Internasional Xianyang Xian, Bandara Wusu Taiyuan and Bandara Internasional Diwopu Urumqi.


    9. Virgin Australia:


    Virgin Australia Airlines, sebelumnya Virgin Blue Airlines adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di Australia dan juga yang terbesar dalam jumlah armada yang menggunakan merek Virgin. Sekarang maskapai ini berbasis di Bowen Hills, Brisbane, Queensland, Australia. Maskapai penerbangan ini juga didirikan oleh pengusaha asal Inggris, Sir Richard Branson dan mantan CEO Virgin Blue, Brett Godfrey. Maskapai penerbangan ini didirikan pada tahun 2000 dengan dioperasikannnya dua pesawat pada rute tunggal, dan tiba-tiba menemukan dirinya naik ke posisi kedua maskapai penerbangan terbesar di Australia setelah runtuhnya maskapai penerbangan Ansett Australia pada September 2001. Maskapai penerbangan ini segera tumbuh dengan langsung melayani 29 kota di Australia dari bandar udara penghubung mereka di Brisbane, Sydney dan Melbourne dengan menggunakan armada pesawat berbadan menengah milik Boeing dan jet Embraer; dan pesawat jet berbadan lebar milik Airbus dan Boeing.


    10. British Airways:


    British Airways adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di Britania Raya dan di dunia dengan penerbangan trans-Atlantik dari Eropa dibandingkan dengan maskapai lain. Pusat operasinya berada di Bandara London Heathrow dan Gatwick, London serta beberapa pusat yang lebih kecil seperti di Bandara Internasional Manchester, Manchester dan Bandara Internasional Birmingham, Birmingham.


    0 Tanggapan :

    Posting Komentar