• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    Ribuan Layang-Layang Hiasi Bali



    Selama tiga hari, 1.145 layang-layang menghiasi langit Padanggalak, Denpasar.

    Ribuan layang-layang itu beradu sekaligus berbagi kegembiraan selama Festival Layang-Layang Bali 2011 pada Jumat sampai Minggu lalu. Tahun ini, Festival yang sudah berlangsung sejak 1978 ini, memasuki tahun ke-33. Lokasi penyelenggaraannya pun masih sama, di sisi barat Pantai Padanggalak, di sisi timur pantai Denpasar. Kegiatan ini diadakan oleh Persatuan Layang-Layang Indonesia (Pelangi) Bali.
    Festival kali ini sama dengan tahun sebelumnya, tanpa peserta dari internasional. Mereka tidak bisa mengikuti karena keterbatasan biaya karena di setiap festival, panitia harus menanggung akomodasi pelayang dari luar negeri.
    Menurut Si Nyoman Adnyana, Ketua II Bidang Perlombaan, tahun ini Pelangi Bali akan memberikan sebuah penghargaan bagi beberapa undangi, sebutan bagi tukang layangan, yang dianggap sebagai pionir dan tetap konsisten menurunkan serta melestarikan tradisi serta berbagi ilmu dalam teknik membuat dan menerbangan layangan.
    Si Nyoman Adnyana juga menambahkan Layangan Bali Tahun 2010 mendapat penghargaan The Best Tradisional Kites di festival layang internasional di Perancis. Secara turun temurun, layangan memang jadi bagian dari kehidupan masyarakat Bali. Tiap layangan juga punya filosofi tersendiri.
    Layangan Bali dikenal dengan 3 jenis tradisional. Pertama, bebean, yaitu layangan yang menyimbulkan ikan sebagai sumber kemakmuran. Kedua, pecukan. Layangan ini dikenal unik karena hanya 2 sisi. Perlu keahlian khusus dalam membuat dan menerbangkannya. Layangan jenis juga melambangkan sisi  baik dan buruk ataupun siang dan malam yang dikenal dalam konsep Rwa Bhineda.
    Jenis ketiga adalah janggan. Dia melambangkan naga yang panjang ekornya mencapai 200 meter bahkan lebih. Jenis ini merupakan simbol Naga Basuki dan Bedawang Nala yang menjaga keseimbangan jagat semesta.
    Di samping layangan tradisional tersebut, Bali juga mempunyai layangan kreasi. Layangan ini merupakan bentuk kreasi dan kreativitas dari para rare angon, sebutan pelayang, dan undanginya menciptakan kreasi. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Bali akan terus berkreasi dengan filosofi budaya dan agamanya.
    Festival Layangan Tradisional Bali tahun ini juga tidak melombakan Sunari dan Pinjekan (baling-baling). Hal ini karena sudah mulai berkurangnya jumlah peserta lomba.
    Sebagi catatan, berikut jumlah total peserta layangan yang akan turut dalam festival layangan tahun ini. Untuk kategori anak-anak pada 29 Juli 2011 adalah Bebean 18, Janggan 6, Pecukan 2. Total 26. Pada 30 Juli 2011 Bebean 21, Janggan 8, Pecukan 18. Total 47. Pada 31 Juli 2011    Bebean 61, Janggan 26, Pecukan 21. Total 108.
    Adapun untuk Kategori Dewasa pada 29 Juli 2011 Bebean 199, Janggan 16, Pecukan 84, Kreasi 7. Total 306. Pada 30 Juli 2011 Bebean 170, Janggan 22, Pecukan 90, Kreasi 17. Total 299. Dan, pada 31 Juli 2011 Bebean 205, Janggan 41, Pecukan 88, Kreasi 49. Total 359. Jadi, total seluruh layangan yang dipertandingkan selama tiga hari tersebut adalah 1.145.

    Bongkar pasang

    Seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Layang-layang adalah tempat di mana para undagi, rare angon, penonton, dan siapa pun untuk berbagi kegembiraan. Ini tak hanya soal perlombaan tapi juga bersenang-senang.
    Satu kelompok (sekeha) layangan akan penuh antusias membawa layangan dari banjarnya menuju Padanggalak. Mereka menaikkan layangan ke truk atau pick up dengan puluhan motor mengiringinya sepanjang jalan. Sebagian besar membawa layangan ini dengan terbit dan tidak berlebihan. Namun, ada pula peserta yang bagi sebagian orang malah mengganggu keterbitan di jalan.
    Menyinggung adanya beberapa keluhan masyarakat tentang beberapa peserta yang terkesan arogan dalam membawa layangan ke arena pertandingan, Nyoman Adnyana mengatakan panitia sudah sering mengimbau kepada seluruh peserta untuk tetap tertib demi kepentingan bersama. Namu, kembali lagi, sikap arogan itulah hanya oknum tanpa bermaksud untuk menyinggung perasaan pengguna jalan lainnya.
    Sebagai antisipasi agar tidak mengganggu pengguna jalan lain, sebagian undagi mulai membuat layangan dengan sistem knock down (bongkar pasang). Jadi lebih efisisen dan tidak begitu membuat jalan macet. Ya, kalo main layangan dan bawa layangan bikin macet sama aja kalau suporter bola toh juga bikin macet juga.
    Mari kembali ke diri sendiri. Kita harus instropeksi diri untuk semangat menyama braya.

    Sumber : www.balebengong.net

    0 Tanggapan :

    Posting Komentar