• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    Tengkorak Kera 20 Juta Tahun Ditemukan di Uganda


    Fosil tengkorak kera pemanjat pohon yang berusia sekitar 20 juta tahun ditemukan di kawasan gunung api yang sudah mati di Karamoja, sebelah timur laut Uganda.

    “Ini merupakan pertama kalinya tengkorak lengkap kera berusia 20 juta tahun yang ditemukan. Temuan fosil ini merupakan temuan yang sangat penting,” kata Martin Pickford, paleontolog dari the College de France, Paris, Prancis.

    Pickford menyebutkan, dari studi awal terhadap fosil itu, ditemukan bahwa herbivora pemanjat pohon ini berusia sekitar 10 tahun saat ia mati. Kera ini memiliki kepala berukuran sebesar kepala simpanse modern, namun punya otak sebesar otak babon, kera yang lebih besar.

    Menurut Bridgette Senut, profesor dari Musee National d’Histoire Naturelle, fosil tersebut akan dibawa ke Paris untuk dipindai dengan sinar X lalu didokumentasikan sebelum dikembalikan ke Uganda. “Fosil akan dibersihkan lalu disiapkan di Prancis dan setelah sekitar 1 tahun, ia akan dikembalikan ke negara itu,” kata Senut.

    Pemerintah Uganda sendiri menyebutkan bahwa tengkorak kera itu merupakan sepupu jauh dari sebuah fosil kera Hominidea yang sudah lebih dulu ditemukan.

    Sumber : http://nationalgeographic.co.id/

    0 Tanggapan :

    Posting Komentar