• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    Foto: Cantik tetapi Mematikan


    Gunung telah lama menjadi tujuan tempat wisata yang sering dikunjungi karena keindahannya. Gunung berapi juga tidak kalah populernya. Walaupun memang agak sedikit menakutkan, ternyata gunung berapi juga meyimpan pesona yang tidak dimiliki gunung biasa.
    Headline National Geographic di bagian natural disaster saat ini memuat foto-foto gunung berapi di dunia yang ternyata sangat indah. Ya, gunung-gunung ini memang indah tetapi tetap mematikan.


    1. Three Volcanoes (Indonesia)

    Indonesia memang suarganya gunung berapi. Foto di atas merupakan foto Gunung Semeru yang terlihat dikejauhan, yang sejak tahun 1967 gunung ini secara konstan bererupsi. Keindahan gungung ini semakin lengkap dengan kehadiran Gunung Bromo dan Gunung Batok yang ada di depan. Tidak bisa dipungkiri, pemandangan ini super indah tetapi  menyimpan potensi bencana besar.
    Tidak heran potensi keindahan yang ditawarkan gunung ini membuat National Geographic menempatkannya di urutan pertama. (Bangga :D)


    2. Lava Flowing Into the Pacific (Hawaii)

    Kepulauan Hawaii di Pasifik sebenarnya merupakan bekas letusan gunung berapi yang akhirnya menjadi pulau-pulau. Proses pembentukannya sendiri  telah berlangsung  selama 70 juta tahun dan menghasilkan Hawaii yang kita kenal sekarang dan proses itu masih tetap berjalan sampai sekarang.. Inilah yang membuat kepualauan ini sangat unik. Pemandangan unik tetapi cukup menyeramkan seperti di atas (lava gunung berapi mengalir dan jatuh ke laut) yang membuat Hawaii masih tetap menjadi salah satu tujuan utama wisata dunia.


    3. Mount Etna (Italia)

    Inilah gunung yang menjadi biang kerok kekacauan di eropa beberapa waktu yang lalu, jalur udara terhambat bahkan sampai mengganggu perekonomian eropa. Namanya Gunung Etna di Catania, Italia, sedang mengeluarkan lava pijar yang sangat indah. Diluar dampak yang ditimbulkannya, pemandangan seperti ini sungguh tidak bisa dilewatkan.


    4. Volcanic Lightning

    Pernah melihat petir berasal dari letusan gunung berapi? Jika tidak percaya mampirlah ke Gunung Eyjafjallajökull di Iceland. Foto ini diambil ketika gunung tersebut meletus April 2010. Petir gunung berapi ini terjadi karena debu muntahan yang saling bergesekan dan menciptakan energi listrik. Petir ditambah letusan gunung berapi, bukankah ini pemandangan menakjubkan sekaligus mematikan berlipat dua?


    5. Ertale Volcano Crater (Ethiopia)

    Waw… Gambar di atas merupakan kawah Gunung Ertale di Ethiopia. Di dalam kawah tersebut terdapat danau lava dengan suhu yang bisa mencapai 1,868°F (1,020°C). Cukup untuk melelehkan setiap benda yang dilaluinya. Besarnya kawah bandingakan dengan 2 manusia yang begitu kecil di sekitar bibir kawah.


    6. Ol Doinyo Lengai Volcano (Tanzanina)

    Gunung Ol Doinyo Lengai terletak di Tanzania Great Rift Valley yang dalam bahasa setempat berarti “Mountain of God”, Gunung Dewa merupakan satu-satunya gunung berapi di dunia yang lava natrocarbonatite yang menjadikan cairan lavanya sangat cair. Tak heran lava tersebut bisa mengalir seperti halnya air terjun yang menciptakan lava pijar berwarna orange cerah. Aku yakin Anda tidak berminat untuk mandi di air terjun yang satu ini.


    7. Arenal Volcano ( Costa Rica)

    Gunung Arenal ini berlokasi di Costa Rica dan baru meletus pada Februari 2010 lalu. Gunung ini merupakan salah satu gunung api paling aktif di dunia.


    8.  Liquid Lava on Mount Etna

    Ya, inilah rahasia kecantikan Gunung Etna sekaligus racun mematikannya. Danau lava ini merupakan lava cair penghuni Gunung Etna. Bayangkan kalau cairan ini tumpah dan mengalir ke kota-kota disekitarnya, keindahan yang menyimpan potensi bencana besar. Gunung Etna merupakan gunung api tertinggi di Eropa (3,353 meter).

    Sumber : wisata.kompasiana.com

    0 Tanggapan :

    Posting Komentar