• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    Menikmati Keindahan Umbul Tlatar Boyolali


    Kepariwisataan akhir-akhir ini menjadi topik pembicaraan yang hangat di berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Industri pariwisata digunakan untuk meraup keuntungan dalam negeri baik dalam sektor pendapatan negara maupun pendapatan daerah. Salah satunya adalah Tlatar. Obyek Wisata Tlatar merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada Kabupaten Boyolali, dimana dalam hal ini dapat digolongkan dalam wisata air. Obyek wisata Umbul Tlatar merupakan obyek wisata yang dimiliki Kabupaten Boyolali yang berada di wilayah tanah negara desa atau tanah desa, tepatnya di wilayah tanah Desa Kebonbimo, di Dusun Umbul Rejo. Umbul Tlatar mulai dikelola secara resmi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali pada tahun 1985.


    Mereka yang datang ke umbul, sumber air, itu sebelumnya, terutama masyarakat yang menjalani ritual berendam (padusan) menjelang bulan puasa. Sejumlah fasilitas wisata setempat antara lain tempat pemancingan, warung lesehan yang menyajikan berbagai masakan khas dengan menu ikan air tawar, taman bermain anak-anak. Semua itu menjadikan Umbul Tlatar menjadi objek ekowisata air yang menarik. Sumber air Tlatar yang sebelumnya dimengerti masyarakat sebagai mata air alami dengan debit sekitar 400 liter per detik itu, kini seakan telah disulap menjadi kawasan ekowisata air yang terlihat indah dan cocok sebagai tempat piknik keluarga. Daya tarik pendukungan lainnya adalah terdapatnya kolam renang untuk segala usia, taman pakecehan dan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

    Spa Ikan

    Selain relaksasi manfaat lain yang didapat adalah kulit kaki akan menjadi halus serta merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

    Woodball

    Selain wisata air, Tlatar memiliki lapangan “woodball” berstandard internasional. Olahraga “woodball” di Indonesia merupakan cabang yang masih baru yang dikenalkan kepada para pengusaha yang sedang melancong. Peralatan dan cara memainkan mirip dengan golf namun alat pemukul dan bolanya terbuat dari kayu. Cabang olahraga berasal dari Taiwan itu, katanya, sering dikaitkan dengan sektor kepariwisataan. “Woodball” selama ini hanya terlihat berkembang di Malaysia dan Thailand.

    Dibawah pengelolaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, UPT Tlatar menjadi salah satu UPT andalan diantara 3 UPT lainya yang ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali.

    Screenshot  :

    Umbul Tlatar Boyolali :




    Sumber : www.hellosolo.com

    0 Tanggapan :

    Posting Komentar