• "Be Yourself Even You're Nobody"
    Blogger Widgets

    Tips Menghindari Stres



    Orang yang mengalami stress umumnya disebabkan oleh tidak tercapainya keinginan pribadi, tidak sesuainya kenyataan dengan harapan, tidak tercapainya target yang sudah ditetapkan. Bila stress tidak dikelola dengan baik dan berlebihan maka bisa mengakibatkan frustasi, depresi hingga keinginan untuk bunuh diri.

    Melakukan rutinitas setiap hari tanpa stress bukan suatu hal yang mudah. Akan selalu ada masalah yang semula kecil berubah menjadi besar bila tidak segera ditangani atau disikapi dengan bijak, misalnya dompet tertinggal di rumah, terkena percikan kubangan air di jalan, ruang kerja yang berantakan dan sebagainya. Berikut ini beberapa tips menghindari stress yang dapat Anda terapkan untuk menghindari efek negatif stress.

    Tidur yang lelap

    - Sebelum Anda tidur, ada baiknya Anda menyiapkan segala hal yang akan diperlukan untuk esok hari, misalnya pakaian, kendaraan yang terisi penuh bahan bakarnya, dan lain lain.
    - Sebelum pergi tidur, Anda dapat mandi air hangat yang dicampur sedikit garam agar tubuh Anda bisa rileks setelah melakukan kegiatan yang melelahkan sepanjang hari.
    - Minum segelas susu  hangat atau coklat hangat atau memakan satu buah pisang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak sehingga Anda akan merasa lebih segar saat bangun keesokan harinya.

    Sarapan itu penting

    - Pastikan Anda menyediakan waktu untuk sarapan sebelum berangkat ke tempat kerja atau melakukan aktivitas Anda seharian. Sarapan ini penting untuk memenuhi kebutuhan energi  Anda.
    -          Anda dapat memilih menu makanan yang mengandung seledri, wortel dan apel untuk sarapan Anda. Makanan tersebut diyakini mampu mengurangi efek stress yang Anda alami.
    - Siapkan sarapan yang sederhana dan tidak menyita banyak waktu. Anda dapat memasaknya di malam hari sebelumnya dan menghangatkannya untuk sarapan. Anda juga bisa memasaknya di pagi hari dengan menu-menu sederhana seperti telur mata sapi, roti selai, sandwich, atau minum sereal.

    Relaksasi

    Anda dapat mempraktekan berbagai metode relaksasi untuk mengurangi kepenatan yang Anda alami di tempat kerja atau saat melakukan aktivitas Anda. Teknik relaksasi sederhana adalah dengan duduk pada posisi yang rileks, lalu atur nafas Anda sambil memejamkan mata. Nafas yang teratur akan meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke tubuh Anda. Oksigen inilah yang membantu tubuh Anda kembali rileks.

    Sumber : geraeldo.com

    0 Tanggapan :

    Posting Komentar